Menyusuri Tanah Batak

Sibolga Travel Blog

› entry 1 of 1 › view all entries

Sorry if my journal written at Bahasa Indonesia, because i'm copy paste from my blog n not have time for translation... thanks for everyone who want to translate to English....

Terinspirasi keindahan Danau Toba yang tidak habis-habisnya untuk di kagumi kami dan teman-teman mencoba menyusuri daerah Danau Toba yang selama ini kurang di publikasikan sehingga daerah ini kurang menjadi Daerah Tujuan Wisata.

Untuk mengisi liburan tahun ini kami mengagendakan 2 kegiatan menyambut tahun baru yaitu menyusuri Tapanuli dan mendaki Gunung Sinabung

Sehubungan adanya kegiatan akhir tahun yang mengharuskan kami semua harus ada di tempat pada tanggal 31 Desember, akhirnya 2 kegiatan dilaksanakan sekaligus pada waktu yang bersamaan dengan membagi 2 team, kami team pertama sebanyak 9 orang ke daerah Tapanuli dan teman-teman team lainnya berjumlah 11 orang ke Gunung Sinabung (sharing gunung sinabung akan saya buat tersendiri)

Perjalanan dimulai pada tanggal 27 Desember 2008 berangkat pukul 13.

00 WIB dengan estimasi waktu pukul 20.00 WIB akan tiba di Tarutung, tetapi semua ini tidak dapat di capai karena kelupaan bahwa tanggal 27 Desember 2008 adalah perayaan Natal Oikumene se-Sumatera Utara di Unita Siborong-borong menyebabkan jalanan cukup macet dan kami tiba di Tarutung pukul 22.00 WIB dan ternyata semua hotel full booked, terpaksa setelah diskusi dengan teman-teman dan menghubungi hotel di Sibolga dan masi ada tempat kita melanjutkan perjalanan ke Sibolga tida disana pukul 01.00 dini hari dan langsung Check in di Hotel Prima Indonesia yang baru selesai di bangun.

Tanggal 28 Desember 2008
Perjalan hari ini berlanjut untuk berangkat ke Pulau Poncan menikmati hamparan pantai dengan pasir lembut yang sangat memanjakan kaki untuk keberangkatan kita menuju ke Hotel Wisata Indah yang merupakan satu group perusahaan dengan Poncan Marine Resort setelah mengurus administrasi dan kapal akhirnya berangkat juga pada pukul 10.
00 WIB.

Setibanya di sana pemandangan sudah lebih baik dari bulan Pebruari yang lalu dan pembangunan Pembangkit Listrik di Tanjung Angin juga sudah selesai sehingga jarak pandang lebih baik

Selain berenang menikmati indahnya alam sebenarnya kami ingin menunggu saat sunset yang sangat indah tetapi sangat disayangkan setelah menunggu hingga pukul 18.30 matahari tidak juga nampak karena tertutup awan tebal dengan berat hati kami kembali ke kapal yang akan membawa kita kembali ke kota Sibolga.

Setelah di kapal teman satu team menyatakan bahwa kunci mobilnya tidak ada di tempat hal ini membuat kami semua shock setelah tidak dapat moment ada juga insiden, akhirnya setelah kembali ke Pelabuhan kami mencari dan ternyata kunci nya jatuh sewaktu foto-foto di dermaga dan di temukan oleh orang yang sedang memancing.
Akhirnya dengan perasaan lega kami semua kembali ke Hotel untuk istirahat.

Tanggal 29 Desember 2008
Check Out dari hotel dan bersiap-siap melanjutkan perjalanan ke Tarutung untuk mengunjungi Salib Kasih, Pemandian Air Soda dan juga Pemandian Air Panas Sipoholon. Perjalanan dari Sibolga ke Tarutung menghabiskan waktu lebih kurang 1 1/2 - 2 Jam. Sampai di Tarutung waktu telah menunjukkan pukul 11.30 WIB langsung menuju ke Siatas Barita untuk kemudian mendaki ke Salib Kasih. Salib Kasih terletak di Kecamatan Siatas Barita dan berada pada puncak bukit yang dapat terlihat dari kota Tarutung.

Sepanjang perjalanan mendaki di kiri kanan kita di suguhi keindahan hutan dan juga ayat-ayat Alkitab serta terdapat banyak plakat-plakat yang pernah mengunjungi Salib Kasih terdapat diantaranya Gubernur Papua Barat.

Sesudah puas menikmati keindahan Salib Kasih serta mengikuti kebaktian yang diadakan disana kami kembali turun untuk melanjutkan perjalanan ke Pemandian Air Soda.

Puas bermain dan mandi di kolam Air Soda kita melanjutkan perjalanan ke Pemandian Air Panas Sipoholon yang terletak di luar kota Tarutung yang terletak di pinggir jalan menuju ke Balige. Sumber air panas di tempat ini sudah berkurang banyaknya tidak seperti dulunya yang melimpah diakibatkan gempa tahun 2004 yang lalu menyebabkan sumber di bawah telah tertutup reruntuhan dan sumber air panas muncul di tempat lain yaitu di Hutabarat.

Setelah puas akhirnya kami melanjutkan perjalanan langsung ke Balige dengan target menginap di Hotel Tiara Bunga milik TB. Silalahi tetapi kekecewaan kembali pada kami karena Hotel tersebut full booked oleh tamu-tamu Bapak TB.
Silalahi dari Jakarta usai mengikuti Natal Bersama dan Bapak TB. Silalahi juga menginap disana. Akhirnya kami ke kota mencari penginapan lain dan ternyata semua full booked dan akhirnya kami menemukan 1 buah paviliun yang disewakan seharga Rp. 600.000,- dengan 4 kamar dengan bagian belakang langsung menghadap Danau Toba.

Tanggal 30 Desember 2008
Pagi-pagi bangun untuk sunrise tetapi rupanya dibelakang Paviliun yang menghadap danau bukanlah sebelah timur jadinya tidur kembali

Setelah sarapan kami kembali melanjutkan perjalanan ke Dolok Tolong. semua kami terpana melihat pemadangan yang sungguh luar biasa dan tak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Setelah dari Dolok Tolong kami lanjutkan ke Muara dan Hutaginjang dan sebenarnya kami hendak singgah ke Sentosa Lake Resort tetapi sungguh sayang karena kekurangan BBM kami batalkan ke sana (sebagai informasi SPBU di sana tidak mempunyai stok premium sehingga sangat tidak nyaman dengan kondisi minyak yang kritis) kembali kami takjub dengan pemandangan di atas Hutaginjang.

Karena mengingat ada pekerjaan yang belum di selesaikan dan mengingat bahwa pada tanggal 31 Desember 2008 jalur balik pasti akan ramai akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke Medan pada tanggal 30 Desember 2008 dan sampai di kota tercinta Tanjung Morawa pukul 22.00 WIB

Informasi tambahan :

2. Tiara BUnga Hotel telp sama dengan Ompu Herti 350.000 IDR/ Mlm
3. Mezra Hotel telp (0632) 322141 Rate 200.000 IDR / Malam
4. Pondok Siliwangi telp 081397294746 Rate 600.000 IDR / Malam
5. Sentosa Lake Resort Telp (0633)42666 Rate 310.
000 IDR / Malam

Hotel di Sibolga
1. Hotel Prima Indah Telp (0631) 22797
2. Hotel Wisata Indah Telp (0631) 23688
3. Poncan Marine Resort (0631) 23278

cutieismi says:
it's ok Karnadi .. i can speak Bahasa Indonesia !hahaha
i hope i could go there one day ...
Posted on: Oct 18, 2009
Join TravBuddy to leave comments, meet new friends and share travel tips!